Gus Ipul Bakal Bentuk Koalisi Jawa Timur

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah memberikan dukungan terhadap Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf untuk menjadi Calon Gubernur Jatim di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Gus Ipul yang sudah bertemu dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua DPW PKB Jatim itu akan membentuk Koalisi Jawa Timur.

“Saya terima kasih diberikan kesempatan. Spiritnya adalah kebersamaan. Oleh karena itu, saya akan membawa spirit kebersamaan ini dan mengajak bersama-sama kekuatan lain, untuk membentuk Koalisi Jawa Timur,” kata Gus Ipul kepada wartawan usai membuka Bazar Ramadan di Masjid Al Akbar Surabaya, Jumat (26/5/2017).

Gus Ipul menerangkan, maksud dari adanya Koalisi Jawa Timur ini yaitu agar persaingan yang terjadi berlangsung dengan dingin.

“Maksudnya Koalisi Jawa Timur ini mungkin berbeda dengan koalisi-koalisi di provinsi lain. Kita ingin persaingan disini tetap adem, tidak perlu panas. Oleh karena itu, saya mengajak semua pihak, sebisa mungkin tidak ada yang ditinggal. Ini berangkat dari spirit kebersamaan yang disampaikan kiai-kiai,” katanya.

Meski ada Koalisi Jawa Timur, Gus Ipul menyebut bukan berarti yang diusung harus calon tunggal. Namun, yang diinginkan dari koalisi itu adalah kebersamaan.

“Ya bukan calon tunggal. Kita ingin kebersamaan. Soal calonnya berapa, itu partai lah. Kita kan menghormati dan menghargai proses internal partai. Tapi yang jelas, kiai-kiai dan PKB itu spiritnya adalah membangun kebersamaan,” jelasnya.

Selain itu, Gus Ipul mengatakan akan bersafari menemui pimpinan partai-partai politik lainnya dalam waktu dekat.

“Untuk menyampaikan segala hal yang diperlukan. Supaya juga tahu apa yang kami lakukan. Apa yang menjadi gagasan-gagasan kami untuk membangun Jawa Timur ke depan,” ujarnya.  (*)