Hibah 60 Judul Program UNM di Monitoring

MAKASSAR – Sebanyak 60 judul hibah program Pengabdian Masyarakat Mono tahun 2017 di monitoring dan evaluasi (Monev) oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dilakukan Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA di Lantai 11 Gedung Menara Phinisi.

Dari 60 puluh judul ini terdiri dari 3 judul program Iptek bagi Inovasi dan Kreativitas Kampus (IbIKK), 47 judul program Iptek bagi Masyarakat (IbM), 19 judul program Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM), dan 1 judul program Iptek bagi Wilayah (IbW).

Menurut Bambang, Monev ini bisa menjadi rekomendasi untuk melanjutkan atau meningkatkan kelasnya pada pengabdian selanjutnya. Serta didalam menyajikan hasil pengabdian bisa dilakukan secara transparansi jika terdapat kegagalan.

“Kegagalan atau kendala tersebut bisa menjadi bahan masukan bahwa realitanya memang seperti itu, nah nanti kita bisa bantu untuk solusinya seperti apa,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Husain Syam, M.TP hal terjadi di lapangan harus disampaikan secara transparan.

Ia telah memberikan kebijakan anggaran sebanyak 20% dari dana PNBP untuk pengabdian dan penelitian. “Semoga kebijakan yang diberikan itu bisa menstimulus para dosen untuk menjadi pengabdi dan peneliti yang luar biasa”, ungkapnya. (ar/r)