Jual Obat Tanpa Resep, Apotik dan Toko Obat di Tegur

MAKASSAR -Sebanyak 89 apotek dan toko obat di Kota Makassar mendapat  teguran keras dari Dinas Kesehatan Kota Makassar lantaran ditemukan melanggar peraturan administrasi yang telah ditetapkan diantaranya, menjual obat daftar G tanpa resep dari dokter.

“Dari 89 tersebut tokoh dan apotik yang mendapat teguran, yakni 9 apotik yang  telah mengantongi surat peringatan keras hingga penutupan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah T Azikin di salah satu Cafe di Jl Arif Rate Makassar.

Disepanjang tahun 2017, pihaknya baru menutup 1 toko obat sedangkan 9 apotik yang mendapat peringatan keras. “Untuk apotik yang berjumlah 9 ini belum bisa kita sebut dulu titik-titiknya dan apotik melakukan pelanggaran ini, masih diberi kesempatan untuk melakukan pembenahan,” tandasnya.

Diketahui, jumlah Apotik di Kota Makassar yang terdaftar pada  Dinas Kesehatan sebanyak 690 Apotik dan 80 toko obat. “Kita masih menunggu niat baik dari apotik yang mendapat teguran keras untuk memperbaiki administrasi mereka, akan tetapi kalau sampai batas waktu yang kita berikan tidak diindahkan, tunggu-tunggumi, kita tutup itu,” tegasnya.    (ar,cep/cw)