Kawasan Trans Laikang dan Punaga Ternyata Lahan ‘Cetak Uang’

Lahan Transmigrasi desa Punaga, kecamatan Marbo yang sudah di pagar keliling pengusaha

TAKALAR – Desa Laikang dan Desa Punaga, kecamatan Mangarabombang (Marbo), kabupaten Takalar merupakan daerah yang dijadikan kawasan transmigrasi. Namun belakangan berubah menjadi lahan cetak ‘uang’ dengan cara jual beli ke pengusaha. Siapa yang menjualnya..? proses hukum tengah berlangsung di kejaksaan tinggi (Kejati) dan sudah mentersangkakan empat orang yang diduga bertransaksi termasuk Bupati Takalar.

Ruang transaksi penjualan tanah yang diketahui kawasan transmigrasi ini terus mengepakkan sayapnya hingga lahan transmigrasi di desa Punaga, kecamatan Marbo juga di lepas ke pengusaha bermata sipit.

Pagar sepanjang kurang lebih 2 km ini menghalangi pandangan untuk melihat isi dan aktifitas dalam pagar

Bagaimana transaksi peralihan status tanahnya dari transmigrasi ke hak milik pengusaha..? wallahu alam, Sekda Nirwan Nasrullah sendiri tak mengetahui proses peralihannya.

Warga sekitar di desa Punaga menyebutkan, lahan transmigrasi sekarang sudah dibeli dan dikuasai pengusaha China bernama Johan. “Saya dengar sudah dipermasalahkan,” ungkap warga setempat.

Hingga sekarang, pihak pengusaha ‘Johan’ belum berhasil dimintai keterangannya terkait penguasaan lahan transmigrasi di desa Punaga.   (R)