Kegagalan Arsenal di babak 16 Besar Liga Champions

London – Di kompetisi Eropa, Arsenal selalu mentok di babak 16 besar dalam enam musim terakhir. Manajer Arsenal Arsene Wenger mengungkap penyebabnya.

Sejak 2009-10, The Gunners belum pernah lagi bisa mencapai babak perempatfinal. Arsenal dua kali disingkirkan Bayern Munich dan Barcelona, sedangkan dua musim lainnya takluk di tangan AC Milan dan AS Monaco.

Arsenal terancam mengalami kegagalan serupa di musim ini alias yang ketujuh berturut-turut. Tim London Utara itu menderita kekalahan telak 1-5 di kandang Bayern dalam laga leg pertama.

Dengan begitu, Arsenal mesti bisa mengalahkan raksasa Jerman itu 4-0 saat gantian menjadi tuan rumah di leg kedua, Rabu (8/3/2017) dinihari WIB.

Wenger menilai kegagalan Arsenal tidak lepas dari pertemuan mereka melawan Barcelona dan Bayern. “Pertama-tama, ini selalu menjadi periode yang sangat sulit karena Anda bermain di babak 16 besar Liga Champions,” sahut Wenger di situs resmi klub.

“Dalam empat atau lima tahun terakhir, kami selalu bermain melawan Barcelona atau Bayern Munich. Kami sudah empat kali bermain melawan Bayern, yang merupakan tim terbaik atau kedua terbaik di Eropa.”

“Periode ini selalu sulit. Kalau Anda melihat beberapa tahun terakhir, kami juga selalu tampil sangat baik dari Maret sampai Mei,” ujar Wenger.  (rin/raw)