Kisruh Keramba di Puntondo, Kades Laikang Biangnya

Kisruh keramba (Sero Bila) antar warga di dusun Puntondo, desa Laikang, kecamatan Mangarabombang, kabupaten Takalar ternyata biangnya adalah Kades Laikang, Sila Laidi. Pasalnya, Kades memberikan izin kepada Aso untuk memasang keramba di depan keramba milik Liwang.
MARBO – Kabar dari warga setempat menyebutkan, terjadinya perseteruan warga disebabkan oleh Kades Sila Laidi yang mengijinkan sepupu istrinya, Aso untuk membuat dan memasang keramba di depan keramba milik Liwang. Asumsinya, karena Liwang sendiri ingin menguasai secara turun temurun lokasi yang merupakan tempat umum. Sementara disekitar keramba yang terpasang juga lahan rumput laut milik Aso sehingga tidaklah salah ketika Aso juga memasang keramba ditempat itu.
Kondisi itulah yang memicu terjadi perseteruan dua warga yang tidak menutup kemungkinannya mengarah pada konflik keluarga jika tidak dicarikan solusinya. “Saya sudah meninjau lokasi dan mempertemukan semua pihak termasuk kades,” kata Camat Mangngarabombang, Mappaturung.
Namun hingga sekarang jelas Camat, dua pihak belum ada kesepakatan karena menunggu keputusan Kades selaku pengendali kebijakan di desa Laikang. Berkait adanya pungutan dalampenyelesaian sengketa, sama sekali tidak ada. “Semua persoalan kembali kepada kades untuk menyelesaikannya, camat hanya sebatas menfasilitasinya,” pungkas mantan Sekcam Galut ini.
Sementara Kades Laikang, Sila Laidi hingga tulisan diberitakan belum berhasil dimintai keterangannya. Namun menurut Camat, pemicu terjadinya perseteruan itu disebabkan oleh kades sendiri.  (R)