Komisi V DPR-RI Sepakat Lanjutkan Bandara Buntu Kunik

TORAJA – Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI bersama rombongan Direktur Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Suprasetyo, staf Kementrian Perhubungan, Kemenetrian Pekerjaan Umum meninjau langsung Bandara Buntu Kuni’ Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja didampingi Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae dan Bupati Toraja Utara Kala’tiku Paembonan Kamis 2 Januari 2017.

Kunjungan kerja Komisi V DPR-RI ini menindaklanjuti kunjungan kerja Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beberapa hari lalu yang batal meninjau langsung lokasi Bandara Buntu Kuni’.

Ketua Komisi V DPR-RI Lazarus yang sekaligus sebagai ketua rombongan mengatakan Memang di Komisi V kita dapat infarmasi bahwa pembangunan bandara ini memang ada sedikit kendala teknis yang mungkin perlu reviu terkait dengan desain. Oleh karena itu kami putuskan Komisi Komisi V menindaklanjuti kunjungan Wakil Presiden kemarin dalam rangka mencanangkan akan melakukan pembangunan infrastruktur terkusus bandara di sekitar Tana Toraja terkait dalam mendorong kunjungan Wisata ke Tana Toraja.

Pernyataan ini disampaikan Komisi V  DPR RI dalam keterangan pers kepada wartawan di sela-sela peninjauan ke lokasi pembangunan Bandara Buntu Kunik, Kamis soreh.

Menurutnya kami sudah berdiskusi dan melihat langsung kondisi pembangunan Bandara Buntu Kunik dan sepakat mendukung kelanjutan pembangunan bandara ini, dan dari sisi politisnya akan memperjuangan anggaran dan terus mendorong pemerintah (Kementerian Perhubungan) untuk menuntaskan pembangunan bandara ini. Anggota Komisi V DPR RI yang meninjau langsung lokasi pembangunan bandara ini berjumlah 10 orang.

Sesuai jadwal kunjungan kerja Rombongan Anggota Komisi V DPR RI ini akan berada di Toraja selama tiga hari, mulai tanggal 2-4 Februari.  Rombongan ini akan meninjau sarana dan prasarana transportasi pendukung pariwisata yang ada di Toraja. (titus)