Longsor Kembali Tutup Jalan dan Timbun Rumah Warga

Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengakibatkan bencana tanah longsor di dua titik di wilayah ini, yakni di Dusun Sembungan, Desa Gondangsari, Kecamatan Pakis dan di Dusun Mejing 4, Desa Mejing, Kecamatan Candimulyo.

2014322img-20161128-wa0034780x390Di Dusun Sembungan, longsor menimpa dua rumah milik warga hingga rusak berat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana yang terjadi.

Kepala Polsek Pakis AKP Sukirman menyampaikan bahwa longsor dipicu hujan deras yang mengguyur kawasan lereng Gunung Merbabu itu seharian penuh. Sekitar pukul 23.00 WIB, tebing setinggi sekitar 25 meter dengan lebar 15 meter di belakang rumah Sapari (56) dan Suminah (46) tiba-tiba longsor.

“Dapur rumah milik Sapari tertimbun material longsoran hingga miring. Warga kemudian bekerja bakti membongkar dapur tersebut karena membahayakan,” jelas Sukirman.

Di waktu yang hampir bersamaan, longsor juga terjadi di Dusun Mejing 4. Di dusun ini, material longsor menyebabkan akses jalan penghubung antar desa tertutup dan mengancam satu rumah warga bernama Istamar (25) yang berada di atas tebing.

“Penyebab longsor kemungkinan karena tanah labil yang dipicu hujan deras sebelumnya. Longsor yang terjadi hari Minggu sore itu merupakan yang ketiga kalinya di titik yang sama,” jelas Andi.

Pihaknya berharap pemerintah memberikan perhatian pasca-bencana ini. Sebab, Andi memperkirakan longsor susulan bisa terjadi mengingat kondisi tanah tebing yang labil serta hujan yang masih terus terjadi. “Kami berharap pemerintah bisa membantu merealisasikan pembangunan talud atau senderan di tebing tersebut, karena berada tepat di atas akses jalan dusun,” tutur Andi ke kompas.com. (*/R)