Luar Biasa, Masyarakat Buat Gapura dari Limbah Plastik

Tak disangkali, Gapura yang berdiri kokoh indah nan elok dipandang menghiasi lorong Kampung Pisang,  Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Warga dengan ikhlas dan maraton mengumpulkan sampah plastik dan menjadikannya sebuah Gapura hingga menarik perhatian.

GAPURA LIMBAH PLASTIK ; Masyarakat Kampung Pisang curi perhatian lewat kreativitasnya membuat Gapura dari limbah plastik.

MAKASSAR – ‘Jempol’ buat warga Kampung Pisang dengan kreativitasnya yang luar biasa. Dihitungan hari, masyarakat setempat berhasil mengumpulkan sampah plastik dan menjadikannya sebuah bangunan berupa Gapura.

Masyarakat lorong Kampung Pisang melakukannya dengan sukarela sekaligus sebagai bentuk aktivitas menciptakan lingkungan  bersih, indah dan sehat.

Lurah Kampung Pisang, Andi Rina Pallawagau menyampaikan, ide pembuatan gapura dari limbah botol teh gelas plastik itu lahir dari masyarakat itu sendiri. Mereka memanfaatkan limbah plastik yang biasanya dibuang di jalan oleh warga yang tak sadar lingkungan menjadi suatu kreasi unik yang menarik.

“Sampah plastik produk teh gelas itu kan biasanya dibuang begitu saja oleh pengguna jalan yang melintas, sehingga mengotori lingkungan di sini. Tapi masyarakat mampu menyulap sampah itu jadi hal yang bermanfaat dan akhirnya inisiatifnya dibuat sebagai penghias gapura lorong mereka,” jelas Rina.

Kreasi masyarakat lorong Kelurahan Kampung Pisang dapat memotivasi masyarakat Kota Makassar pada umumnya untuk melakukan hal yang sama dalam rangka menciptakan Makassar menjadi kota bersih.  (ar/cw/r)