Mahasiswa Mesti Jadi Agen Perubahan

MAKASSAR – Di era pemerintahan demokrasi ini, mahasiswa memiliki peranan penting dalam mengawal segala kebijakan pemerintah. Terutama melakukan kontrol kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang menjadi penyambung lidah rakyat serta bertugas membuat peraturan perundang perundangan. “Mahasiswa itu memiliki tugas melakukan kontrol terutama kepada pihak wakil rakyat.

Namun ketika kedepannya generasi ini memilih berperan dalam parpol, keprofesionalan kita yang utama sangat dibutuhkan,” sebut Anggota DPR RI dari Komisi VII, Andi Yuliani Paris saat menjadi pemateri dalam dialog publik di Auditorium Aksa Mahmud Kampus Unibos.

Menurut Yuliani, bertindak tanpa membedakan jabatan dan kedudukan itu juga hal yang penting. Untuk mewujudkan berjalannya kebersatuan antara masyarakat dan pihak penyelenggara sebaiknya memang ditekankan komunikasi dalam bentuk sosialisasi agar bersama memahami.

Mahasiswa semestinya menjadi agen perubahan yang mampu mendorong masyarakat untuk bersama-sama menjadi pengawas pemilik kebijakan. Dekan Fisipol Unibos, Arief Wicaksono menyebutkan, jika tindakan pihak penyelenggara dalam menjalankan parpol itulah yang mencerminkan kualitas dari parpol itu sendiri.

“Wujud demokrasi yang santun dan amanah itu bisa tercipta dari tiga elemen yang dapat bersinergi. Termasuk masyarakat, partai politik, dan penyelenggara,” pungkas Iqbal. (mg/maR)