Meski Lambat, Dana BOS Dicairkan Pekan Ini….

MAKASSAR – Sekolah di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat jatah dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Rp. 1,7 triliun di tahun 2017. Triwulan I dicairkan Rp.343 miliar. Berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik) Kemendikbud, jumlah sekolah di Sulsel mencapai 9.163 sekolah, Jumlah siswanya 1.605.935 orang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo mengakui, pencairan dana BOS mengalami keterlambatan. Normalnya, dicairkan Februari. Namun, baru mulai pekan depan (dicairkan). Dananya sudah ada di BPKD,” katanya.

Pencairan dana BOS itu belum meliputi gaji guru honorer. Juknisnya masih diproses. “Kita tunggu dulu juknis resminya turun dari pusat,” terang None, sapaan akrab Irman.

Kepala BPKD Sulsel, Arwin Azis mengatakan, dana BOS triwulan sudah siap dicairkan. Kemudian, penyaluran ke sekolah-sekolah diatur Disdik. “Dananya sudah masuk 9 Februari lalu ke kas daerah. Tinggal administrasinya saja. Setelah itu, sudah bisa ditransferkan ke sekolah,” jelas dia.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Sulsel, Basri mengatakan, pencairan ditunda dikarenakan lambatnya surat edaran Kemendagri dan juknis dari pusat. Suratnya baru ditandatangani akhir Februari.

“Kalau itu (juknis) tidak ada, belum bisa dialokasikan,” jelasnya. (ar/R)