Nyaris Ditembus Peluru, Perempuan Ini Malah Ketawa

RAQQA – Seorang sniper (penembak runduk) perempuan Kurdi tertawa ketika sebuah peluru yang ditembakkan oleh militan ISIS nyaris menembus kepalanya. Reaksi sniper perempuan ini terekam video dan kini viral di Internet.

Penembak runduk itu merupakan anggota pasukan YPJ (Unit Perlindungan Perempuan) Kurdi. Dalam video yang dirilis The Sun, perempuan ini terlihat membidik militan ISIS melalui sebuah jendela bangunan yang dikuasai oposisi Suriah di Raqqa.

Setelah dia meletuskan tembakannya, sebongkah dinding di belakang kepalanya meledak akibat tembakan militan ISIS. Bongkahan dinding itu menghujani ruangan dengan debu dan plester.

Sniper itu segera membungkuk dan tertawa ketika insiden itu hampir merenggutnya. Dia terlihat menggigit lidahnya dengan malu-malu. Video aksi perempuan ini diunggah seorang wartawan Kurdi yang berada di dekat para pasukan YPJ.

“Perempuan Kurdi tidak kenal rasa takut,” tulis wartawan bernama Hemze Hamza di Twitter. ”Rata-rata manusia akan takut seumur hidup setelah begitu dekat dengan kematian, tapi dia terus tertawa,” lanjut Hamza, yang dikutip Rabu (28/6/2017).

YPJ adalah cabang militer Kurdi dari Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG). YPJ dibentuk para perempuan Kurdi untuk mempertahankan diri dari serangan militan ISIS, pasukan pemerintah Suriah dan al-Qaeda.

Kelompok ini pernah jadi sorotan dunia ketika berperan penting dalam menyelamatkan ribuan warga Yazidi yang terjebak di Gunung Sinjar akibat diserang milisi ISIS pada tahun 2014. Organisasi ini memiliki sekitar 7.000 relawan tempur berusia antara 18-40 tahun.  (*)