Pansus, Sekitar 454 Aset Pemkot di Serobot

MAKASSAR – Panitia Khusus (Pansus) Pencarian Fasum Fasos DPRD Kota Makassar menilai, sebanyak 454 aset Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berupa Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos) diserobot yang hingga kini masih bermasalah. Itu diungkapkan Ketua Pansus Pencarian Fasum Fasos DPRD Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir. “Sebanyak 454 aset Pemkot Makassar berupa Fasum dan Fasos yang bermasalah,” ungkapnya.

Kata Wahab, massifnya penyerobotan aset milik Pemkot itu karena pemerintahan sebelumnya tidak menginventariskan aset dengan baik, bahkan banyak alas hak aset yang sengaja dihilangkan.

Akibatnya jelasnya, fasum fasos sudah dikuasai oleh pengusaha atau orang per-orang seolah-olah tidak tercatat sebagai bagian dari aset milik pemerintah karena bukti kepemilikannya tidak ada.

Perubahan yang mencolok pada pemerintahan yang ada sekarang adalah, Makassar di bawah kepemimpinan Moh Ramdhan Pomanto tidak lagi kompromi pada pengusaha yang ingin menguasai Fasum Fasos yang diperuntukan untuk kepentingan publik.

“Kalau saya melihat pemerintah yang sekarang berupaya untuk menjaga aset dan berupaya agar aset yang diserobot itu kembali ke tangan pemerintah,” tandasnya. (ar/R)