Pemakaian Darah Tinggi, RSUD Butuh 300 Kantong

BULUKUMBA – Berawal dari tingginya kebutuhan pemakaian darah yang makin meningkat setiap bulannya, membuat Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) RSUD H.Andi Sulthan Daeng Radja bersama UTD Cabang PMI Bulukumba gencar mensosialisasikan untuk giat donor darah.

BDRS RSUD, H.Andi Sulthan Daeng Radja mencatat kebutuhan pemakaian darah di rumah sakit meningkat setiap tahunnya. Hal itu diungkapkan oleh kepala BDRS RSUD, dr. Hj. Jusniati, Sp.PK

“Bila dibandingkan dengan pemakaian darah pada tahun 2016 yang lalu hanya 150/bulan, di tahun 2017 ini meningkat lebih tinggi hingga mencapai 250 kantong darah perbulan jika dikalikan 12, maka persiapan darah di rumah sakit harus  mencapai angka 3000 kantong darah dalam setahun,” ujarnya.

Saking tingginya kata Jusni,  pemakaian darah tersebut, sehingga darah yang jumlahnya 20 kantong hanya bertahan 2-3 hari saja.

Kepala UTD Cabang PMI Bulukumba, dr. Hj. St. Nurhayati mengungkapkan, sosialisasi ini dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang mendonorkan darahnya, sadar akan meningkatnya pemakaian darah setiap tahunnya.  (sf/ar/cw)