Peringati Hari Buruh, 488 Personil Polisi Kawal Aksi

Ratusan ribu buruh akan berkumpul di Jakarta hari ini untuk melakukan aksi memperingati hari buruh atau May Day. Mereka akan menuju Istana Negara untuk menyampaikan sejumlah tuntutan. Titik berkumpul dan kedatangan buruh telah dipersiapkan penjagaannya oleh pihak kepolisian.

Informasi dari Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (Aspek) dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), akan memusatkan titik kumpul buruh di Patung Kuda, depan Gedung Indosat, Jakarta Pusat.

“Massa dari Jabodetabek 150.000 akan aksi di Istana Presiden dengan titik kumpul di Patung Kuda Indosat jam 10.00,” tutur Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, Minggu (30/4/2017).

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, sejumlah titik dijadikan kantong parkir bagi massa buruh yang membawa kendaraan yakni di Gelora Bung Karno (GBK), Lapangan Banteng, Masjid Istiqlal, Monas, dan PRJ Kemayoran.

Pengaturan massa yang datang dari Bekasi, Karawang, Bogor, Sukabumi, Tangerang dan Banten juga disiapkan.

“Massa yang datang dari Bekasi akan dilewatkan di Jalan Tol arah Cempaka Putih-keluar off ramp Cempaka Putih – Letjen Suprapto-Senen – Pejambon,” kata Budiyanto dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (30/4/2017) malam.

Sementara massa buruh yang datang dari Tangerang akan melewati Tomang – Jalan Raya Biak – Harmoni – Jalan Juanda -Pasar Baru – Lapangan Banteng.

Begitupun pengaturan untuk massa yang datang dari Bogor ke Jakarta. “Massa dari Bogor atau Sukabumi diarahkan Tegal Parang – Kuningan – Rasuna Said – Menteng – Tugu Tani – Merdeka Timur,” ujar Budiyanto.

Ada tiga titik yang akan dijadikan lokasi aksi peringatan Hari Buruh yakni Istana Negara, DPRD DKI Jakarta, dan kantor Kementerian Ketenagakerjaan.

“Ada tiga lokasi yang akan dijadikan titik unjuk rasa pada saat May Day nanti, yaitu di depan Istana Negara, DPRD DKI, dan Kemenaker,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono kepada detikcom, Jumat (28/4/2017).

Polisi telah menyiapkan 488 personel untuk menjaga kelancaran dan ketertiban saat aksi buruh yang berlangsung pada hari ini.   (nkn/nkn)