Puskesmas Gettengan Tana Toraja Diduga di Kerja Asal Jadi

Kendati bangunannya baru di bangun tahun 2016 lalu, namun kondisi Puskesmas cukup memprihatinkan. Kuat dugaan, karena kurang pengawasan hingga Rekanan yang mengerjakannya asal-asalan (asal jadi).
Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanaya saat meninjau langsung Puskesmas Gettengan, di kelurahan Rante Kalua, kecamatan Mangkendek

MAKALE – Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanaya melakukan inspeksi dadakan (Sidak) di Puskesmas Gettengan,kelurahan Rantekalua, kecamatan Mangkendek.

Sidak yang sekaligus sebagai kunjungan kerja Bupati ini merupakan tindak-lanjut banyaknya laporan masyarakat terkait kondisi Puskesmas, pelayanan dan tidak lancarnya air PDAM.
Begini kondisi Puskesmas, saluran air darurat terpaksa dibuat meskipun merusak keindahan.

Setidaknya, ada 8 ruangan pasien yang kala turun hujan terendam air. Perawat setempat juga menyampaikan, saat proyek dikerja rekanan tidak pasang papan proyek hingga tidak diketahui badget anggarannya. “Kami mau mengawasi, tapi tidak diketahui besaran anggarannya,” ungkap perawat.

Curhatan para perawat ini tidak hanya sebatas kondisi bangunan yang terkesan dikerja asal jadi, tetapi mereka juga menyampaikan keluhannya berkait air PDAM yang tidak mengalir. Padahal, air bersih sangat dibutuhkan bukan hanya untuk di konsumsi, tetapi untuk kebutuhan vital lainnya.
Bupati yang melihat langsung kondisi lapangan mencari Kepala Puskesmas Prasiska Salombek selaku penanggung jawab, namun yang bersangkutan sedang tidak ada di tempat. Bupati Nicodemuspun hanya meniti salam saja kepada Kepala Puskesmas. “Salam buat Kepala Puskesmas,” ujar Bupati.   (Andarias)