Reus Dikartu Merah, Dortmund Imbang 2-2 Lawan Hoffenheim

Borussia Dortmund meraih satu poin setelah bermain imbang 2-2 dengan Hoffenheim dalam pertandingan yang diwarnai kartu merah untuk Marco Reus.

Melawat ke Wirsol Rhein-Neckar-Arena, Sabtu (17/12/2016) dinihari WIB, Dortmund membawa misi untuk mengakhiri laju tak terkalahkan Hoffenheim. Sampai Bundesliga berjalan 14 pekan, Hoffenheim menjadi satu-satunya tim yang belum tersentuh kekalahan.

Hoffenheim membuktikan laju tersebut bukan tanpa alasan. Tampil agresif sejak awal saat menjamu Dortmund, Hoffenheim sudah unggul saat pertandingan baru berjalan dua menit.

Umpan panjang Benjamin Huebner jatuh ke kaki Mark Uth yang mampu menjaga posisinya tetap onside. Lepas dari kawalan lini belakang Dortmund, Uth masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan ke arah gawang yang sudah kosong karena ditinggal Roman Weidenfeller yang keluar dari sarangnya.

Dikutip dari detik.com, Dortmund nyaris menyamakan skor empat menit kemudian. Tapi sepakan Pierre Emerick Aubameyang setelah menerima bola operan dari Reus masih menyamping tipis dari gawang Hoffenheim.

Dortmund akhirnya mencetak gol balasan di menit ke-11. Ousmane Dembele melakukan penetrasi hingga ke depan kotak penalti Hoffenheim. Melihat Mario Goetze punya ruang tembak, Dembele mengoper bola yang langsung dituntaskan Goetze dengan tendangan first time kaki kanan ke arah tiang jauh.

Tapi Hoffenheim kembali unggul di menit ke-20. Dari tendangan sudut, bola ditanduk oleh Huebner dan kemudian diteruskan Sandro Wagner dengan sundulan ke arah gawang.

Upaya Dortmund untuk mengejar ketertinggalan mendapat pukulan di menit ke-41. Reus diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua karena menjatuhkan Nadiem Amiri.

Dortmund merespons situasi tersebut dengan baik di awal babak kedua. Tiga menit usai kick off babak kedua, Dortmund mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.

Dembele kembali jadi aktor gol Dortmund. Pemain berusia 19 tahun itu mengirim umpan terobosan yang dituntaskan dengan baik oleh Aubameyang.

Dortmund justru nyaris berbalik unggul di menit ke-56. Umpan silang Dembele ke dalam kotak penalti coba dihalau oleh Huebner. Beruntung bagi Hoffenheim, bola masih melenceng tipis dari gawang mereka.

Tapi Dortmund kemudian mendapat kabar buruk lainnya. Dembele yang tampil apik sepanjang laga harus ditandu keluar lapangan di menit ke-69 karena mengalami cedera.

Unggul jumlah pemain, Hoffenheim tampil dominan dan menciptakan sejumlah peluang. Satu kans bagus didapat Hoffenheim satu menit jelang laga usai. Tapi sepakan Andrej Kramaric yang berdiri bebas di dalam kotak penalti masih mengarah ke Weidenfeller.

Dengan hasil ini, Dortmund naik satu tingkat ke posisi lima dengan 26 poin dari 15 pertandingan. Sementara Hoffenheim menjaga catatan tak terkalahkannya dan menempati peringkat ketiga dengan 27 poin.

Susunan Pemain

Hoffenheim: Baumann; Sule, Vogt, Hubner; Kaderabek, Demirbay (Atik 61′), Rudy, Amiri, Toljan; Wagner, Uth (Kramaric 58′)

Dortmund: Weidenfeller; Ginter, Bender, Bartra, Schmelzer; Pulisic (Ramos 83′), Dembele (Mor 69′), Weigl, Gotze, Reus; Aubameyang (Zazon 92′)