‘Smart City – Sombere’ Tren Pembangunan Kota Makassar

MAKASSAR – Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Kota Makassar, Abd Azis Hasan menilai smart city salah satu program Pemerintah Kota Makassar yang merupakan solusi dalam menjadikan Kota Makassar 2 kali tambah baik.  Sedang ‘Sombere’ adalah karakter orang Makassar yang kurang lebih pengertiannya ‘ramah’.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Kota Makassar, Abd Azis Hasan, saat menghadiri Bimbingan Master Plan Makassar Sombere di Hotel Asyra.

Kedua karakter itu menurut Azis saat menghadiri Bimbingan Master Plan Makassar Sombere di Hotel Asyra, tidak boleh lepas dari keseharian kita. Maksudnya, bukan hanya pemerintah kota saja yang harus punya sikap Sombere dan Smart tapi seluruh warga Makassar juga harus punya saat menghadiri

Dikatakan, pengembangan Smart City di Makassar lebih fokus kepada inovasi dan terobosan baru dalam membangun sektor daerah. “Memang harus ada yang lebih dipacu agar bisa memberikan manfaat dalam menjadikan Makassar menjadi kota dunia,” katanya.

Dalam mengembangkan pembangunan berbasis Smart city juga harus bisa menghasilkan smart people dan smart society. “Jadi memang ini harus terkoneksi antara satu sama lain. Bukan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi namun bagaimana makassar menggunakan sarana tersebut secara efektif,” jelasnya.

“Sombere’ dan Smart City telah menjadi tren pembangunan Kota Makassar untuk menjadikan Kota Dunia. Olehnya, program ini wajib diadaptasi oleh daerah di luar kota Makassar hingga kota di seluruh dunia.   (ar/cep/cw)