‘Tahun 2019’ Harga Bahan Pokok Masih Stabil

TAKALAR – Memasuki minggu kedua Januari 2019, harga sembilan bahan pokok (sembako) masih dalam tataran stabil. Hasil itu di dapat setelah pihak pemantauan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) melakukan kunjungan disejumlah pasar.

Kepala Bidang Ekonomi, H. Haedar mengatakan, secara umum harga bahan pokok cenderung stabil, tidak ada kenaikan. Bahkan beberapa barang harganya menurun, bisa jadi disebabkan karena daya beli masyarakat yang saat ini cenderung menurun.

Dari pantauan harga TPID, harga beras cenderung turun dari harga sebelum natal dan tahun baru dari Rp 7.500/liter turun menjadi Rp 7.000/liter. Begitu juga beras ketan putih yang turun dari harga Rp 13 ribu/liter turun menjadi Rp 10 ribu.

Untuk harga gula pasir stabil dari harga Rp 10 ribu/liter sebelum dan setelah natal dan tahun baru hingga pekan kedua Januari ini. Hal serupa terjadi untuk komoditas bawang putih yang stabil pada harga Rp 20 ribu.

Harga daging sapi berada dikisaran harga Rp 90 ribu/kg cenderung stabil, berbeda dengan harga daging ayam boiler yang turun dari harga Rp 50 ribu menjadi Rp 45 ribu/ekor. Begitupun dengan harga ayam kampung dari Rp 75 ribu/ekor turun menjadi Rp 70 ribu/ekor.   (ip/R)