Transaksi Jual Beli Bantuan Traktor, Ternyata Ketua KTNA Dalangnya

Simpang siur transaksi jual beli bantuan alsintan di Dinas Pertanian (Distan) kabupaten Takalar, ternyata dilakoni Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) kabupaten Takalar, Syamsuddin Bahtiar Dg Lopo. “Saya disuruh oleh Dg Lopo,” aku Nyengka Dg Tompo didepan penyidik  kepolisian Mangngarabombang (Marbo).

Ini Calo bantuan, Nyengka Dg Tompo

TAKALAR -Penyalagunaan wewenang terhadap bantuan alsintan berupa hand traktor, Combine (mobil panen)  dan alat pertanian lainnya hingga terjadi transaksi jual beli, ternyata tidak terlepas dari peran Ketua KTNA. Nama Syamsuddin Bahtiar Dg Lopo disebut oleh oknum pelaku atau penjual di kecamatan Marbo, Nyengka Dg Tompo.

“Saya disuruh oleh Dg Lopo, dan hasilnya saya setor ke dia sebesar Rp10 juta,” tuding Nyengka Dg Tompo saat dimintai keterangan di kantor Polsek Marbo.

Sementara Penyidik di Polsek Marbo, AIPTU Kaharuddin yang dihubungi via ponselnya, membenarkan pengakuan oknum Dg Tompo saat dimintai keterangan. “Benar dia mengakui kalau perbuatan itu dilakukan karena di suruh oleh oknum Ketua KTNA,” ungkap mantan Kanit Reskrim Polsek Marbo ini mengutip pengakuan Tompo.

Sementara Ketua KTNA yang dikabar tinggal di desa Patani, kecamatan Mappakasunggu (Mapsu), Syamsuddin Bahtiar Dg Lopo yang berusaha dihubungi celularnya berulang kali sedang dalam kondisi tidak aktif.   (cw)