Walkot Makassar Razia Kondom di Minimarket

Makassar – Wali Kota Makassar Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memimpin razia penjualan alat kontrasepsi kondom di sejumlah gerai minimarket. Razia ini terkait momen perayaan malam Valentine, Senin (13/2/2017).

Saat razia sekitar pukul 21.00 Wita, Danny sempat geram saat menemukan kondom dipajang di rak produk di gerai minimarket di Jalan Sultan Hasanuddin. Petugas Satpol PP yang ikut dalam rombongan Danny menyita kondom yang dipasarkan bebas di minimarket tersebut.

“Kami tidak melarang penjualan kondom, tapi kami mengimbau agar tidak dijual bebas, khususnya terhadap kalangan bukan pasangan suami-istri. Malam Valentine ini sering disalahgunakan kalangan remaja dengan aksi perilaku seks bebas, ini bisa merusak moral anak bangsa,” ujar Danny.

Selain Danny, tim gabungan yang terdiri atas aparat Pemkot Makassar, Satpol PP, Polrestabes Makassar, dan anggota Koramil setempat juga melakukan razia penjualan kondom di sejumlah minimarket.

Dalam razia, petugas memeriksa rak-rak di dalam toko dan sekitar meja kasir. Petugas yang menemukan kondom meminta pegawai minimarket menyimpan dan tidak memajangnya seperti produk umum lainnya.

Menurut Kepala Seksi Tramtib Kec Tamalate Syamsul AM di salah satu minimarket di Jalan Daeng Tata, razia kondom dilakukan untuk mengantisipasi maraknya perilaku seks bebas dengan menggunakan kondom di kalangan remaja yang merayakan malam Valentine.

Dikutip dari detikcom, Syamsul menyebutkan penjualan alat kontrasepsi di apotek tidak termasuk bagian operasi penertiban malam ini.

“Penjualan kondom di apotek tetap diperbolehkan, karena penjaga apotek atau apotekernya sudah mengerti aturan bahwa kondom hanya untuk dijual kepada pasangan suami-istri atau orang dewasa saja,” ujar Syamsul.
(mna/fdn)