Aparat Desa di OTT Pungli, Diamankan BB Rp. 1,4 M

***  DIDUGA TERKAIT PEMOTONGAN DANA DESA  ***

Sejumlah aparat desa tertangkap Operasi Tangkap Tangan (OTT) melakukan pungutan liar (pungli) oleh Satgas Saber Pungli Ditreskrimsus Polda Jatim di Kabupaten Sampang. 

Polisi mengamankan barang bukti uang tunai Rp 1,4 miliar lebih dalam OTT tersebut. Operasi tangkap tangan ini diduga terkait dengan pemotongan uang alokasi dana desa (ADD).

Ada empat orang perangkat Desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedundung yang diamankan pada yakni KH, EH, J selaku kepala desa dan M istrinya. “Saat ini ditangani Subdit Tipikor Polda Jatim,” kata Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Barung Mangera, Selasa (6/12).

Empat orang itu diamankan Satgas Saber Pungli di halaman Bank Jatim Cabang Sampang, di Jalan Wahid Hasyim, Kabupaten Sampang, sekitar pukul 15.00 WIB. Dari KH, polisi mengamankan barang bukti uang Rp 419 juta lebih yang ada dalam mobilnya, dan Rp 641 juta lebih di rumahnya.

Sementara di rumah EH, barang bukti uang yang diamankan Rp 270 juta. Penggeledahan dilanjutkan ke rumah kepala desa dan istrinya, dan mengamankan uang tunai Rp 41 juta.

Seperti dilansir kompas.com, dalam pengembangannya, polisi mengamankan 3 orang lagi dari desa yang berbeda, yakni di Desa Banjar  dan Moktesareh. (*/R)