Bale Absen, Real Madrid Cetak Banyak Gol

Bukan cuma Barcelona yang menang besar pada tengah pekan ini. Real Madrid juga mencetak banyak gol setelah melibas Deportivo La Coruna dengan skor 6-2.

Dijamu Deportivo di Riazor, Kamis (27/4/2017) dinihari WIB, Madrid mengistirahatkan banyak pemain utamanya. Cristiano Ronaldo bahkan sama sekali tak masuk skuat. Sementara itu, Gareth Bale absen karena cedera betis dan Sergio Ramos terkena skorsing.

Meskipun demikian, Madrid masih terlalu tangguh untuk Deportivo. Los Blancos unggul 3-1 di babak pertama lewat gol Alvaro Morata pada menit pertama, James Rodriguez (menit 14), dan Lucas Vazquez (menit 44). Gol balasan Deportivo datang dari Florin Andone pada menit ke-35.

Pada babak kedua, Madrid mencetak tiga gol tambahan melalui James (menit 67), Isco (menit 77), dan Casemiro (menit 87). Sementara Deportivo menambah satu gol lewat Joselu pada menit ke-84.

Berkat kemenangan ini, Madrid tetap duduk di posisi kedua klasemen La Liga dengan perolehan 78 poin dari 33 pertandingan. Jumlah poin mereka sama dengan Barcelona yang berada di puncak klasemen, tapi Madrid masih punya satu laga tunda. Sementara itu, Deportivo terpuruk di posisi ke-16 dengan 31 poin.

Jalannya Pertandingan

Pertandingan belum genap berjalan semenit ketika Madrid membuka skor melalui gol Morata. Mendapatkan umpan dari Isco, Morata merobek gawang Deportivo lewat tembakan kerasnya ke tiang dekat.

Setelah unggul, Madrid terus menekan Deportivo. Marco Asensio berpeluang menggandakan keunggulan tim tamu pada menit kelima, tapi tembakannya dimentahkan kiper Deportivo, German Lux.

Berselang dua menit, giliran Isco yang mengancam gawang Deportivo. Gelandang Madrid itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi bola hanya mengenai tiang gawang.

Peluang yang diperoleh Morata pada menit ke-11 juga tak berujung gol. Usahanya dari dalam kotak penalti digagalkan oleh Lux.

Asensio kembali mendapatkan peluang saat laga memasuki menit ke-13. Sial buat dia, tembakannya menghantam tiang gawang.

Tapi, Madrid benar-benar unggul 2-0 pada menit berikutnya. James memaksimalkan umpan silang dari Vazquez untuk menggetarkan gawang Deportivo dengan sontekan jarak dekat.

Madrid seharusnya bisa unggul 3-0 pada menit ke-32. Morata tinggal menghadapi Lux di mulut gawang, tapi penyelesaiannya mengenai wajah si kiper dan tak membuahkan gol.

Tiga menit kemudian, Deportivo menipiskan ketertinggalannya menjadi 1-2. Andone yang berdiri bebas dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang setelah menerima operan dari Gael Kakuta.

Pada menit ke-39, tim tuan rumah berpeluang menyamakan skor. Namun, tembakan jarak jauh Carles Gil ditepis oleh penjaga gawang Madrid, Kiko Casilla.

Madrid memperbesar keunggulan mereka menjadi 3-1 pada menit ke-44 berkat gol Vazquez. Gol ini berawal dari kerja keras Isco di depan kotak penalti Deportivo. Isco mampu mempertahankan penguasaan bolanya dan kemudian mengoper ke Marcelo yang berada di sisi kiri.

Marcelo lantas mengirimkan umpan silang, yang gagal dihalau dengan sempurna oleh barisan belakang Deportivo. Hal ini dimanfaatkan oleh Vazquez, yang mencocor bola liar di mulut gawang untuk mencetak gol.

Vazquez menyia-nyiakan sebuah peluang bagus pada menit ke-59. Dia sebenarnya tinggal berhadapan dengan kiper pengganti Przemyslaw Tyton setelah menerima operan dari Asensio. Tapi, penyelesaiannya melenceng dari sasaran.

Madrid mencetak gol keempatnya ketika laga memasuki menit ke-67. James lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor.

Morata yang lolos dari jebakan offside berhasil memperdaya Tyton dan mengoperkan bola kepada James. James pun tinggal melesakkan si kulit bundar ke gawang kosong untuk membawa Madrid memimpin 4-1.

Sepuluh menit setelah itu, Madrid kembali membobol gawang Deportivo. Kali ini Isco yang mencetak gol setelah sukses memaksimalkan operan Vazquez dari sisi kanan. Madrid pun unggul 5-1.

Deportivo tak menyerah begitu saja meski ketinggalan empat gol. Mereka memperkecil ketertinggalannya menjadi 2-5 pada menit ke-84 setelah sundulan Joselu tak bisa diantisipasi oleh Casilla.

Namun, berselang tiga menit, Madrid kembali menjauh. Casemiro memantapkan kemenangan tim tamu setelah tembakan jarak jauhnya terlalu sulit untuk dihentikan oleh Tyton.

Di sisa waktu, tak ada gol tambahan yang tercipta. Madrid pulang dengan membawa kemenangan 6-2.  (*)