Berapa Lama Makanan Bisa Tetap Segar Disimpan di Kulkas?

Meski disimpan dalam kulkas makanan bisa saja cepat busuk. Berapa lama sebenarnya makanan tahan disimpan di kulkas?

Kulkas jadi tempat mengawetkan makanan yang populer di dunia. Meski demikian tak bisa asal simpan. Makanan tetap harus disimpan dengan benar agar tahan lama kesegarannya.

Berapa makanan tahan disimpan di kulkas. Untuk makanan kemasan bisa berpatokan pada tanggal kadaluarsa. Untuk makanan segar tanpa tanggal kadaluarsa seperti ikan, daging, dan telur punya daya simpan masing-masing.

Dilansir dari mirror.co.uk­ (17/1/17), laporan dari Good Housekeeping Institute menyebutkan berapa lama berbagai jenis makanan akan tetap segar selama disimpan di kulkas.Dari buah hingga ikan, sebagian besar bahan makanan yang dibeli segar hanya bisa disimpan tidak lebih dari 2 sampai 3 hari.

Ikan termasuk kerang tidak seharusnya dibiarkan lebih lama dari 1 hari. Buah-buahan berdaging lembut seperti keluarga berry dan irisan daging seharusnya dibuang dalam 2 hari bila tidak digunakan. Sedangkan daging unggas seperti ayam dan bebek bisa disimpan selama 3 hari saja.

Untuk keju keras seperti Parmesan dan Pecorino Romano, yang Anda pikir dapat disimpan selama bulanan ternyata hanya baik disimpan selama seminggu. Banyak makanan punya waktu simpan jauh lebih singkat dari yang diperkirakan.

Makanan lain yang sering digunakan sehari-hari termasuk sayuran. Seperti beragam daun salad baik disimpan dalam 2-3 hari. Kemudian sosis dalam 3 hari, sayuran hijau dan susu boleh disimpan dalam 3-4 hari, serta buah berdaging keras seperti apel, pisang, jeruk, alpukat paling lama disimpan selama seminggu.

Hanya ada satu jenis makanan yang dapat tetap segar hingga 2 minggu yaitu sajian yang diasap seperti salmon asap.

Laporan GHI ini juga menyebutkan lebih baik menyimpan daging dan ikan pada rak bawah di kulkas sehingga kecil kemungkinan kena tetesan air dari bahan lainnya. Hal ini juga untuk memperkecil kemungkinan penyakit akibat makanan.

GHI menyarankan lebih baik simpan bahan makanan mudah busuk seperti selai, mayonnaise, dan saus botol lainnya di kulkas bersama dengan produk susu, daging segar dan masak, salad juga sayuran.  (odi/ani)