BPN Target Pembuatan 1.000 Sertifikat Gratis

Badan Pertanahan Nasional (BPN) menargetkan pembuatan 1.000 sertifikat melalui program operasi nasional agraria (Prona). Sekarang sudah melakukan persiapan prona 2017 mendatang.

152404920150815-0945301780x390Koordinator Prona BPN Kota Pekalongan, Tri Yudi mengatakan Prona 2017 mendatang, BPN akan menyasar sembilan kelurahan di empat kecamatan. “Saat ini, kami masih melakukan sejumlah persiapan menuju Prona 2017, antara lain melakukan sosialisasi pada warga yang belum memiliki sertifikat tanah di masing-masing kelurahan,” kata Yudi.

Sembilan kelurahan tersebut adalah Padukuhan Kraton, Kali Baros, Setono, Gamer, Keradenan, Jenggot, Sokoduwet, Kuripan Yosorejo, Pringrejo. Adapun kelurahan yang menerima Prona terbanyak berada di wilayah Kecamatan Pekalongan Timur karena masih banyak warga yang belum memiliki sertifikat.

Menurut Yudi, proses pembuatan sertifikat tanah secara massal melalui Prona sudah relatif baik meski berdasar evaluasi masih ditemukan sejumlah kendala, seperti keterangan sejarah kepemilikan tanah. Proses pengurusan sertifikat akan melalui beberapa tahap, antara lain kelengkapan syarat administrasi pengukuran, pemetaan, verifikasi, dan proses pencetakan sertifikat tanah.

“Oleh karena itu, kami berharap pada warga yag akan mengajukan permohonan sertifikat tanah melalui Prona agar mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan,” katanya.

Dikutip dari kompas.com, Yudi menambahkan pembuatan sertifikat melalui Prona tidak dipungut biaya apa pun kecuali kelengkapan persyaratan di tingkat kelurahan dan kecamatan di luar kewenangan BPN. (*/R)