IWAPI Dorong Peningkatan SDM Kaum Hawa Hadapi MEA

LUTIM – Besarnya jumlah usaha kecil dan  menengah maupun industri rumah tangga yang dikelola kaum perempuan di Luwu Timur (Lutim), salah satu potensi yang dapat mendorong pembangunan daerah. Hal itu yang mendorong terbentuknya Ikatan Wanita Pengusaha Indonesi (IWAPI) Cabang Luwu Timur.

Peningkatan SDM Kaum HawaOrganisasi yang mewadahi pengusaha perempuan dikukuhkan Bupati Luwu Timur, H M Thorig Husler di Sorowako. Husler berharap IWAPI mengambil bagian mempersiapkan sumberdaya manusia menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean)  khususnya bagi kaum perempuan. ” Kita gerakkan roda perekonomian dimulai dari perempuan,” kata Bupati.

Ketua Umum DPD IWAPI Sulsel, Ida Farida Noer Haris menjelaskan, kehadiran IWAPI bukan hanya segi bisnis semata, tetapi bagaimana mendorong peningkatan kapasistas sumberdaya manusia terutama kaum wanita menghadapi MEA. ” Tugas kita mendorong agar wanita independen dalam ekonomi, sebab jika wanita tidak independen dalam ekonomi maka tidak akan independen dalam mengambil keputusan” kata Ida.

Menurutnya 60% bidang usaha di Indonesia, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan sebagian besar UKM dikelola kaum perempuan. Banyaknya jumlah kaum perempuan sebagai pelaku UKM, indikasi kaum perempuan penopang ekonomi kerakyatan. Sejumlah produk usaha kecil menengah yang dikelola kaum wanita juga dipamerkan disalah satu sudut  tempat acara. Besarnya potensi dan dukungan pemkab diyakini peluang berkembangnya UKM di Lutim, kata Ida.

IWAPI Luwu Timur periode 2016 – 2021 yang diketuai, Zeni Umar Ranggo berjanji akan terus mendampingi pelaku UKM agar  meningkatkan usahanya dan siap menghadapi persaingan yang semakin ketat ke depan. (*/R).