Jalan Terbelah Selebar 30 Cm Saat Gempa Menghantam Aceh

Gempa yang bermagnitudo 6,5 mengakibatkan sejumlah ruas jalan lintas nasional Medan-Banda Aceh terbelah. Untuk itu, pengemudi diminta berhati-hati saat melintasi jalan yang terbelah.

Di Desa Kota Tring Gadeng, Kecamatan Trieng Gadeng, Pidie Jaya, terlihat badan jalan terbelah selebar 30 sentimeter dan sepanjang ratusan meter. Kondisi yang sama terlihat di kawasan Paru Keude, Kecamatan Banda Baro, Pidie Jaya.

Kondisi yang sama juga terjadi di Desa Cot Rheng, Kecamatan Pante Raja, dan kawasan pusat Pasar Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Pada lokasi jalan yang terbelah, warga memasang kain sebagai penanda agar pengguna jalan hati-hati.

Kepala BPBD Pidie Jaya, Sulaiman menyebutkan, dirinya mengimbau agar pengguna jalan ekstra hati-hati. “Jangan kebut-kebutan karena sepanjang jalan nasional di Kabupaten Pidie Jaya banyak jalan yang retak dan terbelah,” katanya.

Dia menyebutkan, BPBD Pidie Jaya belum mendapatkan data detail berapa ratus meter ruang jalan yang terbelah itu. “Fokus kami untuk saat ini adalah evakuasi korban dan mencari korban meninggal dunia,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, gempa berkekuatan 6,5 skala richter menghantam Pidie, Pidie Jaya, dan Kabupaten Bireuen, Rabu (7/12/2016) sekitar pukul 05.00 WIB. Akibatnya, ratusan warga luka-luka dan puluhan meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan bangunan di Pidie dan Pidie Jaya.

Dikutip dari kompas.com, puluhan rumah dan toko rusak parah. Gempa ini juga merusak sebagian bangunan di Kabupaten Bireuen. (*/R)