KPU Berharap, Parpol Segera Serahkan Dokumen

ENREKANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Enrekang penyerahan dokumen Parpol Calon Peserta Pemilu tahun 2019. Devisi Tehnis KPU Enrekang, Rahmawati Karim mengatakan, terkait dokumen yang akan diserahkan oleh Parpol meliputi KTU, KTP atau Surat Keterangan (Suket) domilisi dan kepengurusan. Penyerahan dokumen tersebut terbuka setiap hari.

Di Enrekang, ada 15 Parpol, baik yang lama maupun yang baru dan KPU berharap semua Parpol segera menyerahkan dokumen yang dimaksud. Jika ada Parpol yang memasukkan dokumen dan dinyatakan belum lengkap sesuai petunjuk KPU maka akan diberikan tenggang waktu untuk melakukan penyempurnaan.

“Memang ada masa perbaikan yang diberikan. Jadi Pangurus Parpol bisa melengkapi sampai masa perbaikan berakhir,” Kata Rahma.

Setelah waktu penyerahan dokumen berakhir, KPU akan melakukan penelitian administrasi mulai tanggal 17 Oktober sampai tanggal 15 November 2017. Tahapan ini akan terus berjalan hingga KPU melakukan ferivikasi vaktual tentang kelengkapan dokumen mulai tanggal 15 Desember sampai tanggal 4 Januari 2018.

Rahmawati berharap keterwakilan perempuan dalam kepegurusan parpol itu minimal 30%. “Meskipun bukan suatu keharusan tetapi kami berharap partai betul-betul harus memperhatikan keterwakilan perempuan,” kata Rahma. (sr/ar/cw)