‘ Local Wisdom ‘ BERUA BAJI di Momen 10 November

***  SONGKOK GURU SK – HD BUKTI PENGHARGAAN TERADAP BUDAYA  ***

Wujud peduli budaya pasangan calon (paslon) SK – HD terlihat sedari awal pergerakannya dengan penggunaan kostum salah satu  hasil kerajinan tangan masyarakat Takalar ‘ SONGKOK GURU.’ Penghargaan pada Kearifan lokal (Local Wisdom ) masyarakat  Takalar diperkuat paslon Nomor 2 ini dengan gelar kebangkitan budaya dan sejarah di momen Hari Pahlawan.

BERUA BAJIKegiatan skhd yang ditandai silaturrahmi Budaya Karaeng Polongbangkeng pada acara Accerak Gaukang Karaeng Polongbangkeng dan temu budaya kerabat Karaeng Galesong. Bukti kecintaan produk masyarakat Takalar berupa Songkok Guru juga menjadi bagian tak terpisahkan dari keseharian paslon SKHD.
Semua itu dilakukan sebagai wujud penghargaan pàda kearifan lokal putra Takalar. ” SK – HD sangat peduli terhadap Pahlawan, dan Takalar sudah memiliki 2 pahlawan Nasional,” kata Hairil Anwar.

Ditandai dengan program inisiasi pemnerian gelar pahlawan pada Karaeng Galesong selaku Panglima Kerajaan Gowa abad 17 mengusir VOC Belanda, paslon SKHD  gelar syukut pahlawan bangsa, Rabu (9/11) sebagai rangkaian peringatan hari pahlawan.

Pemerhati budaya, Muh. Syahrir Tulo mengatakan, skhd memperhatikn sejarah Makassar, itu ditandai silaturrahmi Budaya Karaeng Polongbangkeng pada Acara Accerak Gaukang Karaeng Polongbangkeng, Temu budaya Kerabat Karaeng Galesong dan penggunaan Songkok Guru setiap kali tampil. Hal senada juga dismpaikn Syamsu Salewangan.

Pemerhati budaya ini menggaris-bawahi  kepedulian SKHD memperjuangkan Karaeng Galesong I Manindori Daeng Tojeng sebagai Pahlawan Nasional. Kalau program itu terlaksana, masyarakat Takalar akan sangat berbangga karena memiliki 3 pahlawan Nasional disamping Ranggong Daeng Romo dan Pajonga Daeng Ngalle Karaeng Polong Bangkeng. Artinya, daerah ini banyak melahirkan tokoh pejuang bagi tegaknya NKRI sebagai spirit bagi generasi muda untuk selalu berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara ke depan.

” Festival dan karnaval sejarah menjadi cita besar kami jika kelak memimpin Butta Panrannuangku. Kami bangga dengan gagasan Syamsari -Ahmad Se’re,” ucap ketua tim media skhd. (cw/R)