Mengenal STMIK KHARISMA Makassar

Berdasarkan data Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, jumlah kampus swasta yang ada di Sulawesi Selatan berjumlah 164. Masing-masing kampus ini memiliki spesifikasi keilmuan yang berbeda-beda. Ada yang fokus pada bidang pertanian, bidang kelautan, bidang kesehatan, bidang farmasi, bidang lingkungan, bidang penerbangan, bidang teknologi informasi dan komputer (TIK) serta bidang-bidang lainya yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar.

Khusus untuk bidang TIK sendiri, menurut penilaian Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) wilayah IX, salah satu kampus terbaik pada bidang ini yang ada di Sulawesi Selatan adalah STMIK Kharisma Makassar. Kampus yang cikal-bakalnya telah dirintis sejak tahun 1991 dan secara resmi berdiri pada tanggal 29 Maret tahun 2000 ini, berkonsentrasi penuh dalam usaha mendidik dan menghasilkan sumberdaya manusia (SDM), berupa tenaga-tenaga handal dan profesional yang memiliki keahlian di bidang TIK.

Dalam perjalananya hingga saat ini, STMIK Kharisma Makassar telah menelurkan ribuan alumni yang kini tersebar dari sabang sampai merauke dari dua program studi unggulanya. Program studi itu adalah Sistem Informasi dan Teknik Informatika dengan jenjang pendidikan S1 dan D-III. Untuk program studi Sistem Informasi, saat ini telah terakreditasi B. Sedangkan program studi Teknik Informatika masih dalam proses reakreditasi ulang yang dalam waktu dekat ini akan segera terbit status akreditasi terbarunya.

Untuk menjawab kebutuhan lapangan kerja yang menuntut spesifikasi keilmuan dan keahlian khusus, maka setiap program studi yang ada di STMIK Kharisma Makassar disusun kembali berdasarkan sejumlah program peminatan atau konsentrasi keilmuan. Ada konsentrasi sistem informasi manajemen, sistem informasi akuntansi, rekayasa perangkat lunak, jaringan komputer dan konsentrasi grafik komputer dan multimedia. Dengan peminatan seperti ini maka diharapkan dapat memberikan penguasaan dan penguatan yang mendalam kepada mahasiswa atas bidang kajian yang dipilihnya.

STMIK Kharisma Makassar juga mengusung satu konsep pembelajaran khusus yang membahas tentang Technopreneurship. Dalam hal ini, mahasiswa dibekali dengan kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi dengan keterampilan kewirausahaan. Dengan memberikan bekal keahlian khusus bagi para mahasiswa ini, maka setelah menamatkan kuliah, bisa langsung membuka lapangan kerja sendiri tanpa harus menunggu terbukanya lapangan pekerjaan dari pemerintah.

Sebagai upaya untuk mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas, STMIK Kharisma Makassar telah dilengkapi dengan beberapa ruang laboratorium yang cukup memadai serta ruang-ruang kelas yang sangat kondusif untuk digunakan saat belajar. Untuk setiap ruang laboratorium, masing-masing dilengkapi dengan perangkat komputer berspesifikasi tinggi yang dapat mengakomodasi semua kegiatan praktikum baik itu pemrograman berbasis mobile ataupun desain grafis dan multimedia.

 

Selain itu, STMIK Kharisma Makassar didukung oleh tenaga pengajar yang rata-rata memiliki kualifikasi pendidikan Magister dan Doktor lulusan kampus-kampus ternama baik di dalam ataupun luar negeri. Beberapa diantaranya bahkan telah berprestasi di tingkat nasional dan memiliki spesifikasi keahlian yang tersertifikasi. Dengan ini, maka tidak diragukan lagi bahwasanya STMIK Kharisma Makassar bisa menggaransi setiap alumninya untuk dapat bersaing di dunia kerja ataupun menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Senyampang dengan hal diatas, kita juga perlu mengetahui bahwa STMIK Kharisma Makassar ini terletak di Jalan Baji Ateka No. 20 Makassar. Lokasi ini begitu sangat strategis karena berada di persimpangan Jalan Cendrawasih yang dilalui oleh transportasi umum Kota Makassar. Dengan demikian, maka akan sangat memudahkan siapapun untuk menjangkaunya.

Dengan memahami beberapa hal pokok tentang STMIK Kharisma Makassar, maka sudah selayaknya kampus ini dijadikan sebagai pilihan utama bagi mereka yang berkeinginan mengasah ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang TIK. Apalagi, dengan mengingat kalau di era digital saat ini, TIK sudah menjadi salah satu variabel pokok yang harus dikuasai bagi setiap orang yang akan berkarir atau bekerja baik itu di instansi pemerintahan ataupun swasta.