Menteri Desa Minta Informasi Dana Desa Di Pajang

Dana Desa Di Pajang
Pajang JAKARTA, TRI ALIEF – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar meminta ke seluruh kepala desa di Indonesia memajang dana desa yang dialokasikan pemerintah pusat ke sejumlah titik informasi publik seperti di tempat ibadah, pos kamling dan sejumlah titik kumpul masyarakat.

Tujuan pemaparan penggunaan desa dipajang diruang publikkata Marawan, enurut dia, agar tercipta transparansi penggunaan dana desa yang tahun ini sekitar Rp 700 juta untuk setiap desa sehingga  seluruh masyarakat desa bisa mengawasi penggunaannya.

Tahun ini, pemerintah pusat menyiapkan dana desa sekitar Rp 46 triliun lebih yang diperuntukkan puluhan ribu desa seluruh Indonesia. Dana desa itu diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur desa. ” Pembangunan harus dilakukan masyarakat desa, tidak boleh ada kontraktor masuk. Dana desa murni dikelola desa dan memberdayakan masyarakat desa. Jadi dana itu berputar di desa itu sendiri,” urainya.

Dtambahkan, pihaknya memperingatkan kepada aparatur desa, kecamatan bahkan Pemerintah Kabupaten yang macam-macam dengan dana desa. “Jangan sampai ada yang mengutip sedikit pun dana desa, karena dana desa harus utuh dari pemerintah pusat ke kas desa,” tegas Marwan.  (int)