Sharapova Tandai Comeback dengan Kemenangan

Maria Sharapova akhirnya kembali ke lapangan tenis. Pada pertandingan pertamanya setelah terbebas dari hukuman, petenis jelita itu meraih kemenangan atas Roberta Vinci.

Sharapova menghadapi Vinci di babak pertama turnamen Porsche Tennis Grand Prix 2017, Rabu (26/4/2017). Di turnamen tersebut, Sharapova bisa ambil bagian karena mendapatkan wildcard.

Bagi Sharapova, pertandingan melawan Vinci adalah pertandingan pertamanya setelah absen selama 15 bulan. Dia sebelumnya terkena hukuman larangan bertanding akibat terjerat kasus doping.

Meski absen lama, Sharapova ternyata tetap tangguh di atas lapangan. Meski awalnya terlihat gugup, petenis yang kini berusia 30 tahun itu perlahan-lahan menemukan ritme permainannya. Dalam pertandingan yang berlangsung selama 1 jam dan 43 menit, dia membukukan 11 ace dan 39 pukulan winner.

Sharapova akhirnya berhasil mengakhiri perlawanan Vinci dalam dua set langsung dengan skor 7-5 dan 6-3. Dia selanjutnya akan menghadapi sesama petenis Rusia, Ekaterina Makarova, di babak kedua.

“Ini adalah perasaan terbaik di dunia. Tahu akan kembali ke arena ini rasanya sangat spesial. Saya sudah menunggu lama untuk momen ini,” ucap Sharapova yang dikutip Reuters.

Sharapova awalnya dihukum selama dua tahun setelah kedapatan mengonsumsi meldonium di Australia Terbuka 2016. Namun, hukuman itu kemudian dikurangi menjadi 15 bulan setelah proses banding.

“Penting untuk bermain, poin, game, set. Ini adalah perjalanan yang secara resmi dimulai hari ini dan saya ingin bermain sebanyak-banyaknya,” ujar Sharapova.

“Saya menghabiskan waktu lama tanpa memukul bola. Saya sempat tak tahu kapan akan kembali. Saya kemudian menjalani studi, mengembangkan bisnis saya, dan menjalani kehidupan normal. Saya sedikit menjauhkan diri dari raket,” kenang Sharapova mengenai masa hukumannya.  (mfi/cas)