Ungkapan ‘KANJILO’ Syamsari di Debat Kandidat Jadi Viral di Sosmed.

Debat kandidat paslon Bupati Takalar di Menara Bosowa (MB) Makassar menyisakan cerita tersendiri, baik dikalangan masyarakat Takalar maupun dikelembagaan profesi wartawan. Ungkapan ‘KANJILO’ dan aksi pemukulan wartawan jadi viral di social media (sosmed).

Dikutip dari ungkapan calon Bupati BERUA BAJI, criteria calon pemimpin yang diharapkan oleh masyarakat adalah pemimpin yang tidak memiliki sifat ‘KANJILO’. ” syarat calon pemimpin itu tidak memiliki sifat seperti ikan kanjilo,’ ucap Syamsari dihampir setiap jawaban dari pertanyaan yang ditujukan padanya.

Apa itu KANJILO…? Adalah sosok binatang air tawar jenis ikan yang umum masyarakat kenal ‘ikan gabus’. Jenis ikan kanjilo ini memiliki karakter pendiam, tapi rakus. Saking rakusnya, anak sendiripun dimakannya jika kondisi hidupnya terdesak.

Pesan moral Syamsari Kitta ini cukup memberikan sugesti dan pencerahan bagi masyarakat dalam kontes sebuah pilihan. Bagaimana tidak, Syamsari memberikan gambaran lain dari ikan Kanjilo sebagai pembanding, yakni induk ayam.

Kata SK, sebaliknya kriteria pemimpin yang baik memiliki sifat induk ayam yang diketahui memiliki rasa sayang melebihi dari dirinya sebagai pemimpin anak-anaknya. “Makanan untuk dirinya, mau turun kelehernya pun diberikan kepada anak anaknya,” ujar SK yang disambut aplaus tamu undangan .

Kutipan cabup Syamsari ‘KANJILO’ inipun menjadi viral di sosial media. “Kanjilo memakan anaknya sendiri”, tulis Yusuf Muntu di akun facebooknya. (*/R)