Bank Indonesia Sentuh Petani di Luwu Timur

LUTIM – Bank Indonesia (BI) melalui program sosialnya bertajuk dedikasi untuk negeri menyentuh petani di Lutim. Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Harapan Tani, desa Lambara Harapan, kecamatan Burau terima empat unit hand traktor.

Penyerahan bantuan dilakukan Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulsel, Wiwik Sisto Widayat kepada Ketua Gapoktan Harapan Tani, Syaifuddin. Kegiatan diawali penandatangan dokumen serah terima barang disaksikan Bupati Lutim, HM Thorig Husler.

Penyerahan bantuan di sela-sela sosialisasi ke Bank Sentral dan asuransi nelayan diikuti ratusan nelayan dan jajaran pemkab yang dipusatkan di Gedung Wanita Simpurusiang Malili.  Kepala Bappeda Luwu Timur, Muh Zabur mengatakan, bantuan sosial BI ini tindak lanjut pertemuan sebelumnya saat dilakukan forum musrembang di Provinsi Sulsel.

Kepala Perwakilan BI Sulsel, Wiwiek mengatakan, Lutim salah satu daerah pemasok pertanian di Sulsel yang cukup besar. Kurang lebih 13% pasokan produk pertanian Lutim menyumbang pasokan pertanian di Sulsel. Makanya, kata Wiwiek, BI memberikan bansos bertajuk dedikasi untuk negeri dengan harapan produk pertanian di Sulsel lebih meningkat lagi.

Apalagi dari hasil verifikasi lapangan, potensi pertanian di Lutim sangat besar, hanya saja teknologi yang digunakan sebagian besar masih peralatan tradisional, makanya dibantu hand traktor.

Bupati Lutim, HM Thorig Husler mengatakan, bansos BI ini sudah tepat sasaran. Pasalnya, sektor pertanian dalam arti luas memang menjadi salah satu konsen pemerintah. (acar/R).