BPPTK Berupaya Tingkatkan produktivitas Tenaga Kerja

MAKASSAR – Balai pengembangan produktivitas Tenaga kerja (BPPTK) SulSel yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmisi provinsi SulSel dengan 5 program kegiatan pengembangan produktivitas tenaga kerja diberbagai daerah di SulSel sudah rampung, BPPTK telah mengembangkan tenaga kerja dibidang industri, non industri dan jasa pada instansi pemerintah dan swasta.

Kepala Seksi Bidang Pelatihan dan Bimbingan Konsultasi BPPTK Sulsel, Maimunah, hingga akhir tahun 2016, telah merampungkan penerapan program peningkatan produktivitas. Kedepannya, BPPTK berupaya menambahkan berbagai program baru dalam usaha meningkatkan produktivitas tenaga kerja di semua instansi.

Tahun ini, masih ada daerah yang belum menyentuh program yakni Toraja, Enrekang, Palopo, Bulukumba dan Jeneponto. Tahun depan diupayakan peningkatan produktivas ini dapat menyentuh seluruh daerah di provinsi. Promosi produktivitas berupa penyebaran informasi pentingnya peningkatan produktivitas dalam mencapai hasil optimal dari setiap kegiatan di pemerintahan, perusahaan dan masyrakat.

“BPPTK juga aktif melakukan pelatihan produktivitas yang sasarannya adalah bagi calon wirausaha baru, Usaha kecil, pelatihan motivasi berprestasi (Achievement Motivation Training /AMT),pelatihan 5-S     (sisih, susun, sasap, sosoh dan suluh), memberikan pelatihan Gugus kendali Mutu (GKM)  serta pelatihan pengembangan supervisor yang meberikan pengetahuan dan keterampilan kepada kepala regu sehingga dapat melakukan supervisi kepada bawahan untuk unit kerja yang didampingi dapa meningkatkan produktivitas. Paparnya. (ear/R)