Diduga Pungli, Kepsek dan Guru Honorer Diamankan

Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Cianjur berhasil mengamankan empat orang yang diduga melakukan pungli di lingkungan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Cianjur. Keempatnya merupakan kepala sekolah, guru honorer, dan satpam.

Informasi dihimpun, pengungkapan ini bermula saat Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) bersama tim Saber melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada dua orang pelaku berinisial AR (37) seorang guru honorer dan ES (50), satpam salah satu sekolah di Cianjur.

“Pada Kamis (4/5/2017) Sekitar pukul 20.00 WIB di SMK PGRI 3 Otomotif Cianjur tim Saber mengamankan dua orang laki laki yang bernama AR dan ES yang sedang menerima uang setoran dari sekolah-sekolah SMK Se Kabupaten Cianjur, kemudian kita kembangkan dan tertangkaplah dua pelaku lainnya berinisial JA dan N,” kata Kapolres Cianjur AKBP Arif Budiman melalui telepon selulernya kepada detikcom, sekitar pukul 10.45 WIB, Jumat (5/5/2017).

JA adalah berprofesi sebagai Kepsek dan berperan sebagai penerima pungutan uang dari pelaku AR yang ditugaskan sebagai pengumpul dan penerima uang setoran dari sejumlah SMK.

“Aksi para pelaku melakukan pungutan liar di lingkungan SMK se Kabupaten Cianjur sudah meresahkan, kemudian Satreksrim melakukan penyelidikan yang dilanjutkan dengan pelaksanaan OTT,” lanjut Arif.

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan uang tunai sebesar Rp 50.450.000, bukti setoran dari tiap tiap sekolahan, bukti pinjaman dan bukti penerimaan. “Kasus ini masih kita kembangkan, dan masih dalam penyelidikan. Pelaku masih kita riksa penyidik,” tutup Arif.   (ern/ern)