Distribusi Penerima Bansos 3,5 Juta Bertambah 2,5 Juta

Kepekaan pemerintah terhadap masyarakat menengah (miskin) tidak sebatas wacanan, tetapi akses pedulinya diaktualisasikan dengan penyaluran dana bantuan soial (Bansos) tehadap 3,5 juta penerima. Bahkan, Kementerian Sosial (Kemensos) menambah sebanyak 2,5 juta penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Rencananya, dana untuk 2,5 juta penerima akan disalurkan pada November 2016.

Penerima Bansos 3,5 JutaSesuai target, akan didistribusikan bansos PKH kepada para penerima manfaat. Hal itu disampaikan Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa usai ikuti acara olimpade jenius di Pusdiklat Kemensos seperti dilansir detikcom.

Mensos menjelaskan, secara bertahap penerimaan PKH akan seluruhnya dibuat menjadi sistem non tunai. Penerima dengan sistem non tunai sudah bisa ditransfer awal November ini. ” Semuanya dipastikan mengikuti aturan panganggaran dari APBN dan setiap penerima akan menerima dua bulan. Untuk November dan Desember distribusi sudah bisa dimulai pada 11 November baik yang non tunai maupun tunai dan berlaku di seluruh Indonesia.

Bagi penerima yang sebelumnya belum tercover, berhak menerima juga sebagai penerima manfaat baru dari PKH yang dikenal tambahan baru sebagai rasi. ” Tambahan baru dikenal sebagai satu rasi, bagi mereka yang sebelumnya berhak menerima tapi belum tercover, kini menjadi penerima manfaat baru dari PKH,” urai Menteri. (*/R)