Dua Jembatan Terputus Akibat Banjir

Hujan lebat yang mengguyur mengakibatkan sungai meluap hingga mengaliri pemukiman penduduk. Akibatnya, banjir tidak terelakkan hingga memutus akses jalan di Pulau Bangka, Kepulauan Bangka Belitung mengakibatkan dua sungai meluap dan memutus jembatan yang menghubungkan Pangkal Pinang dan Bangka Barat.

Selain merusak infrastruktur, banjir juga merendam pusat kota Muntok Bangka Barat. Sementara ketinggian air di rumah-rumah warga dilaporkan mencapai 1 meter. “Curah hujan di wilayah Bangka Barat sangat tinggi. Untuk kondisi hujan lebat 180 mm, saat ini terpantau mencapai 186 mm,” kata Kepala BMKG Pangkalpinang, M Nurhuda, Sabtu (28/1/2017).

Adapun jembatan yang putus berada di daerah Simpang Tritip dan Mayang. Kedua daerah itu masuk wilayah Bangka Barat. “Kami terus berkoordinasi dengan BPBD. kemungkinan banyak warga harus mengungsi,” ujar Nurhuda.

Jembatan yang putus membuat akses transportasi terputus. Jalan alternatif tidak bisa digunakan karena juga terendam banjir. Hingga berita ini dibuat sekitar pukul 14.16 WIB, wilayah Pulau Bangka masih diguyur hujan lebat. (*)