Kopma UNM Latih Mahasiswanya Berwirausaha

MAKASSAR – Koperasi Mahasiswa (Kopma) “Almamater” UNM omzet pemasukannya sekitar Rp. 500 juta per tahun. Kopma ini merupakan wadah bagi seluruh mahasiswa yang bergabung untuk melatih berpikir dan berwirausaha. Hal itu disampaikan Pembantu Rektor II UNM, Dr H. Karta Jayadi MSE saat  launching Lamacca Hotel.

“Kopma hadir bukan untuk mencari target melainkan mencari orang-orang yang nantinya bisa berpikir dan mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Jangan sampai gara-gara mengurus Kopma mempengaruhi nilai akademiknya menurun,” ujarnya

Di usia 35 tahun ini, Kopma terus berupaya meningkatkan program kerjanya dengan membuka beberapa usaha yang juga merupakan bagian dari program Kopma.

Beberapa usaha yang merupakan rintisan dari Kopma UNM yakni usaha foto copy dan kantin dan baru dilaunching mini market yang terletak di lantai pertama Perpustakaan Umum UNM.

Menurutnya, kehadiran mini market yang merupakan rintisan dari Kopma Almamater UNM menawarkan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa, sehingga kedepannya dapat lebih maju lagi.

Ketua Devisi Kajian Strategi Dekopinwil Sulsel, Bahrul Ulum menambahkan, Kopma Almamater UNM merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan pengangguran yang ada di negeri ini. Dimana setiap tahun alumni yang dihasilkan setiap perguruan tinggi semakin banyak sehingga lapangan kerja semakin sempit.  (ar/R)