‘Petani Keluhkan Harga Pupuk, Aliansi MP3 Desak DPRD Surati Kementan

Aliansi Masyarakat dan Pemuda Peduli Petani (AMP3) mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Senin (18/1) sebagai bentuk kepeduliannya terhadap petani yang saat ini tengah trauma dengan kelangkaan dan kemahalan harga pupuk.

Kehadiran komunitas AMP3 di Komisi II DPRD ini, mendesak wakil rakyat untuk menyurat ke Kementerian Pertanian (Kementan) atas penolakan dan melonjaknya harga pupuk bersubsidi ditengah pandemi covid-19. Mereka juga meminta agar DPRD turun lapangan melakukan sidak terhadap distributor maupun pengecer guna memastikan sampai tidaknya pupuk subsidi ke tangan petani.

Selain itu, komunitas pemuda ini meminta agar Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pertanian (Distan) mentransparansikan jumlah lokasi penerima manfaat pupuk bersubsidi plus realisasinya.

“Cabut izin distributor atau pengecer yang terbukti menjual di atas harga eceran tertinggi (HET) dan memanggil yang terkait untuk dengar pendapat,” pinta AMP3 yang berharap adanya kepedulian penegak hukum untuk menseriusi persoalan pupuk ini demi kemaslahatan petani.    ©