PT. Semen Bosowa Kuasai Tanah Hak Milik Warga di Barru…?

BARRU – Komplen warga pemilik lahan yang dikuasai perusahaan bonafid PT. Semen Bosowa di Kabupaten Barru menyeruak hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM) turun jalan. Bagaimana tidak, lahan kepemilikan sertifikat bernomor 001 Siaung Barru dikuasai bahkan dimanfaatkan PT Semen Bosowa untuk kepentingan usahanya tanpa ada koordinasi lebih dulu ke pemilik lahan.

“Kami mendesak PT.Semen Bosowa Maros untuk mengosongkan lokasi diatas lahan H. Rusamanto karena hingga saat ini pemilik tanah yang resmi secara legalitas hukum Di Badan Pertanahan adalah H. Rusmanto sebagai pemegang sertifikat,” tegas Yoka Mayapada.

Bersama Irfan Ilyas, Yoka juga menyampaikan kalau pihak pemilik lahan telah mengusulkan pembatalan sertifikat atas kepemilikan PT. Semen Bosowa yang dinilai cacat prosedur, tetapi Kanwil BPN Sulsel terkesan mengabaikan. 

Tim kuasa hukum H.Rusmanto, Burhan Kamma SH, menyatakan, hingga saat ini klien kami masih resmi sebagai pemilik tanah, karena memang tidak masuk dalam para pihak sebagaimana gugatan yang telah berproses di pengadilan.

Dan kami lebih kuat lagi dengan adanya gelar perkara dari Kanwil BPN Sulsel yang menyatakan tidak dapat membatalkan sertifikat 001 Siawung Barru yang diusulkan oleh pihak PT. Semen Bosowa Maros dengan novum baru yang kami miliki.

“Kami tegaskan agar Polres Barru segera menetapkan tersangka dalam kasus ini,” tegas Burhan Kamma, SH.   (ld/rd)