Puskesmas Ujung pandang Langganan Banjir Setiap Tahun

*** PELAYANAN LUMPUH SAAT TURUN HUJAN ***

MAKASSAR – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Ujung Pandang Baru (UJB) yang terletak di jalan Juanda, kecamatan Tallo sangat memprihatinkan saat turun hujan. Pelayanan lumpuh akibat genangan air yang mencapai ketinggian hingga paha orang dewasa. Kondisi seperti itu terus berlangsung setiap musim hujan.

21-11-f-memet-puskesmas-ujungpandang-baru-2-1Keluhan warga setempat selama bertahun-tahun tidak pernah ada solusi apalagi namanya penyelesaian masalah. Padahal, setiap tahun selalu diusulkan baik melalui Musrenbang maupun reses anggota DPRD Kota Makassar.

Salah satu anggota Komisi B DPRD Makassar, Basdir mengatakan, disepanjang jalan Korban 40 Ribu Jiwa, Jalan Rege hingga Jalan H Juanda selalu tergenang jika turun hujan dan menggenangi lantai 1 puskesmas. Jadi saat banjir, pasien Unit Gawat Darurat (UGD) terpaksa harus dipindahkan ke lantai II puskesmas. ” Persoalan itu sudah lama dikeluhkan,” akunya.

Basdir juga mengaku, pihaknya sudah berkali-kali menyampaikannya, bahkan sudah beberapa kali juga diusulkan tetapi tidak ada perhatian. Harus direnovasi total dan dibuat agak tinggi. Ini sangat mendesak, karena terkait pelayanan dasar.

Kadis Kesehatan Kota Makassar, dr Naisyah Tun Azikin mengatakan, memang susah jika mau direnovasi kecil, sebab pihaknya tetap akan membongkar total puskesmas tersebut. Menurutnya, jika direnovasi baru tidak cukup lima tahun baru dibongkar lagi maka itu akan menjadi temuan. Puskesmasnya mau ditingkatkan jadi rumah sakit.

Ditegaskan Naisyah, Pihaknya sementara menyusun master plannya menjadi RS di tahun 2017. Untuk tahun ini, pihaknya memang mendahulukan renovasi puskesmas Batua. “Rawat inap kita tetap di lantai dua semua. Tetapi, tetap akan kita siapkan rekayasa sementaranya,” janjinya. (ar/R)