Smelter Bantaeng Ekspor Produknya Tahun Depan

Pembangunan pabrik smelter sudah cukup bagus dan terus berjalan. Pemerintah Bantaeng sudah berani menentukan sikap dan menarget tahun depan sudah bisa mengekspor hasil produksinya.

Smelter Bantaeng Ekspor ProduknyaKata Wakil Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin, progres pembangunan smelter sudah memasuki tahap pembangunan konstruksi. Rencananya, tahun depan sudah mulai mengekspor hasil.

“ Awal tahun 2017 mendatang akan diekspor untuk bahan baku setengah jadi nikel,” singkat Muhammad Yasin, saat sosialisasi pedoman kerja BKPM-Polri tentang jaminan keamanan berinvestasi di Indonesia, di Kantor Gubernur Sulsel.

Sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 tahun 2015, Kabupaten Bantaeng merupakan salah satu dari 14 daerah strategis yang difokuskan dalam pembangunan smelter. Terkait minimnya koordinasi soal laporan progres pembangunan smelter ke provinsi, pihaknya hanya mengatakan terpaling adalah progres dilapangan semuanya sudah berjalan. ” Semoga dengan kehadiran smelter ini, bisa memberikan sumbangan terhadap perekonomian di Sulsel,” katanya.

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, seperti apapun perkembangan maupun kendala pembangunan pabrik smelter, seharusnya dilaporkan secara resmi kepada pemerintah provinsi. Tujuannya jelas, agar nantinya kendala yang ada dalam pembangunan bisa segera diatasi bersama. “ Pembangunan smelter bagaimana, apakah ada kendala? Saya minta diperhatikan, apa yang menjadi kendala? Saya dengar bahan baku susah,. Lalu, pelabuhannya sendiri bagaimana,” tanya Agus.

Agus mengaku, selama ini pemprov hanya mengetahui progres dan kendala pembangunan smelter itu melalui media massa. Tetapi secara instansi, belum ada laporan yang masuk. Selain itu, Agus juga menyarankan agar pemda jangan hanya memperbanyak penerbitan izin investasi, lalu terobsesi dengan target, padahal kondisi di lapangan tidak terkontrol. Menurutnya, masalah investasi, selain izin juga diperlukan fokus pada pembangunannya.

Deputi Perencanaan Penanaman Modal BKPM RI, Tamba Hutapea, mengatakan, pihaknya akan terus memonitor progres pembangunan dan investasi di Bantaeng. Dari segi keamanan dan kenyamanan, pihaknya sudah melibatkan polri. (ar/R)