SYL ; Bugis Makassar harus Jadi leadership ‘Appa Sulapa’

MAKASSAR – Didampingi Ketua Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar, Mashur Razak, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo (SYL) kuliah umum di lantai 2 Ball Room STIE Nobel.

Dikatakan SYL, alumni STIE Nobel Indonesia Makassar, harus mengetahui perkembangan teknologi informasi dimana situasi saat ini berbeda dengan beberapa tahun lalu. Tantangan besar yang harus dihadapi adalah siap bersaing  di era perkembangan teknologi informasi.

“Perkembangan teknologi informasi semuanya serba mudah dan ini tantangannya lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa tahun lalu karena pada saat itu perkembangan teknologi belum berkembang dengan pesat namun tantangan rendah,” ujarnya.

Menurut SYL, mahasiswa sekarang tidak lagi belajar harus berhadapan langsung dengan dosen, tapi saat ini mahasiswa bisa belajar dengan mandiri melalui piranti teknologi mensearch melalui google.

Orang Bugis Makassar kata SYL, harus menjadi  leadership is smart dan memiliki skill. Karena katanya, kriteria pemimpin masa depan sebagai orang Bugis Makassar harus memiliki perspektif Appa Sulappa (4 sudut Pandang). “Appa Sulapa harus dimiliki yakni pemimpin harus memiliki Agama yang baik, Adat serta ulet dan gesit,” tegasnya.  (ar/R)