‘ TPA Balang ‘ Sentra Pengelolaan Sampah Moderen

PersPengelolaan Sampah Modereniapan dan kesiapan kabupaten Takalar, provinsi Sulawesi Selatan menghadang pergeseran kota dalam roadmap kawasan Maminasata mulai bergaung. Gong pengelolaan sampah moderen sudah ditabuh sejalan peresmian Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tanpa Bau di Balang, kelurahan Bontokadatto, kecamatan Polongbangkeng Selatan (Polsel).

TPA yang berada diradius kurang lebih 30 km arah timur jantung kota Pari’risi, kabupaten Takalar ini resmi berguna setelah dilakukan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Burhanuddin Baharuddin, Kamis (20/10). Artinya, Takalar kini terus berbenah sebagai upaya persiapannnya menuju kota moderen. Salah satu bentuk persiapannya, meramu konsep managemen pengelolaan sampah mulai dari hulu hingga hilir.img-20161020-wa0026-1

Bupati Dr. H. Burhanuddin Baharuddin SE AK MSi saat meresmikan TPA Balang sebagai sentra pengelolaan sampah moderen di kelurahan Bontokadatto, kecamatan polsel mengharap sangat kepada masyarakat untuk sadar akan kebersihan. Karena selain bersih, sampah yang terkumpul bisa diolah kembali di TPA yang merupakan salah satu dari  sekian banyak TPA  di Indonesia akan jadi percontohan pengelolaan sampah moderen.

Mari bersama-sama ajak Bupati, untuk memelihara dan memanfaatkan fasilitas yang diberikan pemerintah dengan menjaga kebersihan dan mengolah sampahnya dengan baik tanpa ada dampak bau tak sedapnya. Takalar menjadi pilot projek pengolahan sampah secara moderen secara nasional. ” Banggalah menjadi warga Takalar, karena fasilitas yang diberikan akan berkontribusi besar terhadap proses pengolahan sampah yang tentunya akan memberikan nilai pendapatan masyarakat,” ujar Bur yang berencana maju dipilkada Takalar 2017 untuk kali keduanya.  (cw/R)