34 Listrik Mangkrak, 12 Proyek Pembangkit Dihentikan

JAKARTA – Sedikitnya 34 proyek pembangkit listrik kurun waktu 8 tahun terakhir dikategorikan mangkrak. Di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebanyak 12 proyek pembangkit listrik dihentikan.

12 Proyek Pembangkit Dihentikan

Dari 34 dan sebanyak 12 paket proyek terminasi ungkap Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir diberhentikan karena sebagian belum jalan, dan sebagian lainya tidak layak dilanjutkan. Usai rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Selasa (1/11), Sofyan menjelaskan kalau ada 12 proyek lainnya dianggap masih memiliki potensi. Sehingga diputuskan proyek tersebut dilanjutkan. Sofyan memastikan, investor sudah bersedia untuk melanjutkan.

“Investornya sudah mau melanjutkan tidak ada masalah asal clear semua. karena tampaknya mereka dispute di antara pemegang saham. Itu bisa lanjut sama kita nggak ada masalah,” terang Sofyan seperti dikutip dari detik.com.

Sisanya masih dibahas dan Laporan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk pengambilan keputusan. Termasuk yang rencananya akan dibawa ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Sebagian lagi masih tahap negosiasi karena belum antara kita, BPKP, Kejaksaan sedang melakukan cut off atau berhitung ulang lebih detail, jadi mungkin bulan depan kita akan tentukan,” tegas Sofyan. (dtk/R)