APBD Bulukumba 2017 Alami Penurunan Hingga Rp.100 M

BULUKUMBA – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun 2017 Kabupaten Bulukumba semetara tahap pembahasan. Terungkap mengalami penurunan dari tahun sebelumnya sekitar Rp.100 M lebih.

Akibat penurunan ini, belanja publik atau belanja langsung mengalami penurunan hingga 24% dari tahun 2016. Untuk komponen belanja modal, didalamnya belanja pembangunan yang dapat dirasakan langsung manfaatnya masyarakat, juga mengalami penurunan cukup signifikan mencapai 34% dari tahun sebelumnya.

“Realitasnya, tentu jadi tanda tanya besar, ada apa APBD yang selama 5 tahun terakhir terus mengalami peningkatan, tiba-tiba di APBD tahun pertama pemerintahan Sukri-Tomy mengalami penurunan” tanya Direktur Kopel Bulukumba, M Jafar Para.

Menjadi tanggung jawab DPRD sebagai wakil rakyat untuk memastikan penurunan APBD tidak berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan memastikan pemerintahan berjalan sesuai RPJMD. KOPEL berharap adanya ketelitian dan kelihaian legislator dalam melakukan pembahasan RAPBD  2017.  (suar/