FIK KSM – FN Sambangi Dirjen PRL Kementerian KP

JAKARTA – Direktur FIK KSM Takalar bersama Anngota FORMASI NEGARA berkunjung ke Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementrian Kelautan Perikanan (KKP), Senin (22/5). Kunjungan mereka berkait penambangan pasir laut di wilayah perairan Galesong, kabupaten Takalar.
Penyampaian komunitas Galesong ini diantaranya, di wilayah perairan Galesong terdapat Pulau Sanrobengi yang memiliki keanekaragaman hayati yang cukup bagus sehingga dimasukkan sebagai kawasan konservasi perairan dalam pola ruang KSN Mamminasata. Hingga jika berdasarkan peta laut yang dikeluarkan oleh Dinas Hidro-Oseanografi TNI-AL (Peta No. 139 alur pelayanan ke Makassar) pada lokasi rencana penambangan terdapat jalur lintas Serat Optik PT. Telkom untuk Makassar – Banjarmasin dan Makassar – Surabaya.
Hasil pengamatan di lokasi, diketahui terdapat banyak aktivitas di wilayah pesisir antara lain kegiatan Pariwisata bahari, Pemukiman, rumput laut, usaha pertambakan, dan pelabuhan perikanan. Terdapat juga asset KKP berupa Balai Benih Air Payau yang memproduksi benih udang unggulan dan selain itu di sekitar lokasi terdapat kepulauan Tanakeke yang merupakan habitat kuda laut. “
Dari diskusi singkat ini, pihak KKP mendukung Gerakan Save Galesong karena pada prinsipnya tidak menyetujui atau tidak memberi rekomendasi terhadap permohonan izin penambangan Pasir Laut di Wilayah Galesong dan Sanrobone.   (malo/R)