Mengaku Intel, Perdaya Wanita Lalu Kuras Uang Rp. 80 Juta

Mengaku sebagai anggota Intel, seorang pria Joshua Anggara Putra (25) mampu memperdaya wanita dan menguras tabungannya sebesar Rp. 80 juta. Modusnya, tersangka berjanji menikahi wanita korbannya berinisial S dengan jaminan dirinya sebagai anggota polisi.

1630110img-20161126-wa006780x390Tersangka warga Desa Sirapan, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur ini mengaku anggota Intel Polres Madiun gadungan. Dia merayu dan menjanjikan janda S akan menikahinya. Tergiur dengan janji tersangka, korban menuruti semua permintaan Joshua hingga memberikan ATMnya yang isinya Rp 80 juta.

Tak hanya tabungan yang isinya dikuras habis, kata Hanif, janda S juga mengeluhkan sudah mengorbankan banyak harta, namun tersangka Joshua tak kunjung menikahinya. Merasa dibohongi tersangka, akhirnya janda S melaporkan Joshua ke polisi. Tak hanya S yang melapor, tersangka Joshua juga dilaporkan seorang gadis berinisial A.

Laporan itu menyebutkan Joshua menipu gadis A karena janji memberikan pekerjaan. Namun janji itu tidak kunjung terwujud
“Orang tua korban melaporkan Joshua ke polisi lantaran janji tersangka bakal memberikan pekerjaan bagi anaknya di Bank BCA dan Pertamina tidak kunjung ada,” katanya.

Menurut dia, orang tua korban sudah menyetor uang sebesar Rp 10,5 juta kepada tersangka. Setelah dicek di BCA Cabang Madiun dan Pertamina ternyata kedua perusahaan itu tidak membuka lamaran pekerjaan. Hanif menyebutkan, polisi juga mendapatkan informasi tersangka sudah menipu banyak orang dengan modus mencarikan pekerjaan. Hanya saja, baru dua korban yang melaporkan kasus itu ke polisi.

Tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan. Tersangka diancam dengan hukuman empat tahun penjara. “Saat ini tersangka sudah ditahan di Mapolres Madiun,” ujar Hanif kepada kompas.com. (*/R)